Pertanian? So what?!



Kadang-kadang saya suka ketawa sendiri—bukan berarti saya gila—tapi saya tuh ngerasa heran aja kenapa bisa saya terdampar di fakultas pertanian? Ini tuh kejadian langka di hidup saya *mulai lebay*

Sejak kecil saya teh gak pernah ada cita-cita ke pertanian. Sama sekali gak ada. Cita-cita saya sejak kecil sampai udah gede kayak gini selalu aja berubah-ubah, tapi gak ada sedikitpun bayangan saya mau jadi orang pertanian.

Waktu saya masih di Taman Kanak-kanak, saya pengen banget jadi polwan. Cita-cita itu terus lanjut sampai saya Sekolah Dasar. Tapi waktu saya udah kelas 6 SD, cita-cita saya berubah, saya kepengen jadi dokter. Maklum lah... namanya juga anak kecil -_- cita-citanya sering berubah kayak power rangers.

Dokter. Dokter. Dokter. Selama saya SMP, kata “dokter” selalu jadi jawaban mutlak dari pertanyaan “Kamu mau jadi apa kalo udah gede?”. Tapi kata “dokter” itu ada sedikit renovasi dan improvisasi waktu saya udah kelas satu SMA, gara-gara ibu saya yang rajin banget ke dokter kulit, itu bikin saya kepengen jadi dokter kulit. Waktu itu saya mikirnya kayaknya keren deh kalo jadi dokter kulit, bisa tau caranya bikin kulit kita mulus...semulus kaki jerapah *oke ini abaikan*.

Tapi semenjak saya kelas dua SMA, phobia saya sama darah makin menemui titik terang *ceileh~*. Dulu kalo saya liat darah, saya sering gemeter trus rasa-rasanya tuh mau pingsan gimana-gimana gitu.... Tapi semua itu selalu saya abaikan. Yaa berasa gak penting gitu lah :D

Tapi sejak dapet tetuah ini itu (yang menurut saya ga penting) dari teman-teman di sekolah, saya kok jadi ngeri juga.... bayangin aja, semisal saya jadi dokter, terus ada pasien saya yang dengan muka melasnya dateng ke saya “Dokter Linda, pliiiss tolong saya, jari saya berdarah ini, tadi sempet keiris pisau dua kali, terus keinjak sepupu yang badannya super gede, terus kejepit lemari baju di—“ Ah! Tuh pasien belum selesai ngomong, sayanya udah pingsan duluan, saking ngerinya liat darah tuh pasien -_-
Nah, karena untuk menghindari menjadi dokter gak normal kayak begitu, saya putuskan buat ngehapus kata ‘dokter’ dari list masa depan saya. Huhuhu

Terus yang jadi masalah disini, sejak kelas dua SMA—sejak say goodbye to dokter—saya malah gak ada cita-cita sama sekali (cita-cita jadi gembel pun gak ada). Sampe saya udah kelas tiga pun tetep gak ada cita-cita mau kuliah dimana, jurusannya apa, sama siapa, mau kemana... ya pokoknya gitulah.

Baru ada pencerahan sedikit waktu Pak Santo (guru TIK saya di SMA) ngasih tugas bikin web. Saya gak nyangka meeenn! Meskipun awalnya susah, tapi itu nyenengin banget, apalagi web hasil karya saya itu asli bikinan sendiri, tanpa ada campur tangan orang lain. Gilaa!

Nah, sejak itu.... entah sengaja atau enggak, kakak saya nyeletuk “kamu masuk di sistem informasi aja enak, toh kamu seneng di depan komputer. Apalagi kalo buat-buat hasilnya bagus kan?”

Bingooo!

Serasa mandi hujan duit pas dapet pencerahan dari kakak tercintah~

Oke fix, dari hari itu saya udah mantepin buat masuk di sistem informasi. Pokoknya selama sisa-sisa hari di SMA, saya tuh udah gak bingung lagi kalo ditanya mau kemana :D Gak kayak sebelumnya, sebelum dapet pencerahan dari kakak saya, saya tuh selalu jawab “mau pulang” kalo ditanya “mau kemana setelah SMA?” -_-

Tapi kayaknya dewi Fortuna lagi gak berpihak sama saya, saya ditolak di SNMPTN, di SBMPTN, di mandiri juga....huft sakit ati pokoknya, buat liat pengumuman online aja rasanya udah main sport aja ini jantung, untung saya gak punya penyakit jantung, semisal saya punya penyakit jantung, terus waktu liat pengumuman online saya gak lulus, terus saya kaget, abis deh... besok harinya tukang koran teriak “Seleksi masuk PTN memakan korban, Seorang siswi SMA ditemukan terkapar di depan laptopnya sendiri”. -_- lupakan.

Setelah beberapa hari saya memulihkan hati saya yang serasa pecah berkeping-keping dan bertebaran di langit-langit kamar saya *oke ini lebay*. Ibu saya nyaranin saya buat daftar di PTS aja, trus saya juga gak boleh ambil sistem informasi, saya malah disuruh ngikutin jejak ayah saya yang emang udah Strata 1 Pertanian. Berhubung saya udah gak tau lagi harus kemana, ibarat lagu tuh ‘aku tersesat dan tak tau arah jalan pulang’... Saya langsung iya-iyain aja disuruh ambil pertanian.

Tanpa babi bu babi lagi, saya langsung cari PTS yang emang udah saya rencanain buat pelarian -_- karena saya gak boleh ke luar kota, jadi saya pilih unmuh jember aja, menurut kacamata minus saya sih unmuh itu PTS terbaik di kota saya yang bertebaran koruptor dan polisi tidur ini.

Setelah melewati beberapa tetek bengek ujian, melewati lembah dan naik turun bukit(?) Akhirnya saya diterima juga di perguruan tinggi *prokprokprok*. Awalnya sih rada gimana-gimana gitu, waktu liat pengumuman di internet, saya langsung telitiin tuh nama-nama yang lolos ke pertanian, bukan apa-apa sih.... Cuma ngitungin berapa banyak cewek yang masuk di pertanian, khususnya yang di agroteknologi :D Kan gak lucu kalo saya cewek sendiri di agroteknologi -_-

Ya gitu aja sih ceritanya.... sebenernya ada bagian-bagian yang saya potong tuh :D malu-maluin banget kalo ikut diceritain :D Udah gitu aja ya, saya udah ditungguin spongebob nih mau nangkep ubur-ubur bareng... 

Sampai jumpa~ salam buat ayah ibu kalian yaaa. :)




0 comment:

Poskan Komentar